Video

Loading...

Senin, 04 Februari 2013

Upgrade Matrix HD Ethernet lewat Komputer


Matrix HD Ethernet adalah resiver yang bisa menangkap sinyal dvbs-1, dvbs-2 dengan format mpeg-2, mpeg-4, HD. resiver ini sudah suport PVR yg bisa untuk merekam dan memutar rekaman tersebut serta file gambar dengan koneksi USB. USB ini juga bisa digunakan untuk meng-upgrade softwarenya. cukup dengan flaskdisk kita sudah bisa untuk mengupgrade software ke versi yang lebih baru.

namun kadang-kadang dalam proses upgrade ini terjadi kegagalan, biasanya terjadi karena ketika proses upgrade tiba-tiba listrik padam atau karena versi software yang tidak sesuai. akibatnya resiver tersebut  menjadi mati. umumnya kematian ini sering disebut mati suri karena dibilang mati, nyatanya resiver ini belum mati. dibilang hidup, kenyataannya juga tidak mau menyala. jika mengalami hal seperti ini, anda tidak perlu hawatir, karena resiver ini masih bisa hidup kembali dengan meng-upgradenya melalui komputer. caranya akan saya jelaskan sebagai berikut.

pertama yang dibutuhkan adalah komputer, speknya sembarang, pentium 1 juga bisa. pake leptop juga bisa asalkan ada com-port nya. kalau tidak ada com-port nya seperti laptop atau netbook, anda perlu alat tambahan usb to rs232 seperti ini:

usb jadi rs232
Usb to rs232
kemudian yang kedua adalah software dan tool nya. software adalah file dengan ekstensi ( .abs ) yang akan dimasukkan ke resiver yang mati suri tersebut. sedangkan tool adalah program yang digunakan untuk memasukkan software kedalam resiver. untuk software dan toolnya anda bisa download di banyak situs yang menyediakannya atau bisa juga anda download di (MediaFire) Upgrade Matrix prolink HD Ethernet Via Komputer atau (ziddu) Upgrade Matrix prolink HD Ethernet Via Komputer atau anda juga menggunakan versi lain karena tool dan software ini banyak versinya.

yang ketiga adalah 3 helai kabel. kabel ini digunakan untuk menghubungkan resiver ke komputer. untuk sambungan (colokannya) anda bisa menggunakan konektor rs232 db9 female,

db9 female
Konektor rs232

namun jika tidak ada, anda bisa mensoldernya. saya sendiri lebih suka mensoldernya karena nyambungnya lebih mantap. cara nyambungnya adalah seperti gambar dibawah ini:

Sambungan RS232
Cara Menyambung Kabel rs232
dari 9 pin rs232, yang dibutuhkan hanya 3 pin saja. yaitu pin 2,3, dan 5. yang ada tulisan Gnd adalah pin 5. sedangkan yang disilang adalah rx dan tx (pin 2 dan 3). untuk mengetahui yang mana nomor2 pinnya, anda bisa memanfaatkan pin ke-5 ini. pin ini adalah ground, jadi anda bisa mentesternya. jika yang nyambung ke ground, berarti itulah pin ke-5 dan setelah pin ke-5 ini ketemu, maka anda bisa menyambung pin ke 2 dan 3 dengan mencocokkan sesuai gambar. untuk hasil yang lebih baik, gunakanlah kabel yang groundnya besar, misalnya kabel head untuk tape caset.

Kabel db9
Kabel untuk sambungan upgrade
setelah semua beres, maka kita tinggal menjalankan proses upgrade. pertama nyalakan resiver, kemudian buka toolnya, maka akan muncul jendela seperti ini:

Matrix Upgrade lewat komputer step 1
Upgrade Step 1

port (com1) bisa anda rubah sesuai dengan sambungan komputer anda, misalnya anda menyambungkan pada com2, maka pada port juga harus com2.


bits rate diisi dengan yang paling tinggi saja agar prosesnya cepat.

parity juga bisa diisi sembarang, saya juga gak ngerti maksudnya, tapi diisi sembarang bisa.

operate mode diisi upgrade

pada file, anda cari software yang akan dimasukkan ke resiver. anda bisa memilih software yang anda download pada link diatas.

include bootloader harus anda centang kalau tidah dicentag, walaupun upgrade selesai, resiver tetap tidak bisa menyala.

setelah itu klik Next dan kemudian akan muncul jendela seperti ini:

Upgrade MHDE Step 2
Upgrade step 2

setelah muncul jendela seperti ini, kemudian anda matikan resiver dengan saklar panel belakang.

Panel belakang pada Matrix hd Ethernet
Tombol Panel Belakang pada Matrix hd ethernet

kemudian hidupkan resiver dengan menekan tombol panel belakang. setelah beberapa saat muncul tulisan "synchronizing STBs ... Done" dan proses download dimulai. gambarnya seperti ini:

Proses download
Prosed Download

jika proses download tidak mau star dan malah terdeteksi flash memori error, maka klik back. setelah kembali kehalaman sebelumnya, silahkan anda klik next (proses diulang lagi) karena pada tahap ini belum tentu dalam sekali jalan langsung jadi. ini dikarenakan tiap-tiap perangkat belum tentu sama. kemudian matikan resiver dengan menekan tombol panel belakang. kemudian tekan dan jangan lepaskan tombol power panel depan sambil hidupkan resiver dengan meng on kan panel belakang. ingat! tombol power panel depan jangan dilepaskan.

Tombol Power Panel Depan
Tombol Power Penel Depan

maka setelah beberapa saat deteksi stb selesai. "synchronizing STBs  ...    Done". tombol power panel depan jangan dilepaskan sampai prosed download mulai.
anda bisa mengulang beberapa kali sampai proses download bisa berjalan. setelah proses download bisa star, anda lepaskan tombol power panel depan.

setelah proses download selesai, gambarnya seperti ini:

Upgrade complete
download komplit

kemudian klik next untuk memulai proses burning, setelah proses burning selesai klik finish dan proses upgradepun selesai. Resiver langsung on.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar