Video

Loading...

Selasa, 16 Oktober 2012

FORMAT VIDEO YANG BISA LANGSUNG DIBACA DI DVD PLAYER


Dengan perkembangan yang lebih baik saat ini tidak heran jika kita bisa menonton atau menyetel film ataupun  video klip dengan kualitas gambar yang baik saat di mainkan di DVD player. Pernahkah anda mengalami kualitas video yang menurun akibat memburning dalam bentuk VCD?
Video dalam bentuk VCD mempunyai kelemahan, sebagus apapun gambar dari Video asalnya bila kita buat dalam bentuk VCD hasilnya video tersebut akan mengalami penurunan kualitas gambar (kotak-kotak,buram dan frame yang standar)
Mengapa bisa mengalami penurunan kualitas gambar?
Karena:
ukuran framenya:352 x 288 , 352 x 240
Video bit rate  :700
Dan Video frame nya : 25
Tentunya karena ukuran – ukuran standar tersebutlah yang membuat penurunan kualitas gambar. Sejauh ini saya tidak menemukan software untuk membuat VCD tanpa penurunan kualitas gambar, Mengapa? Karena bila kita mengubah video bit rate ataupun frame ratenya hasilnya akan gagal untuk dibaca pada VCD player. Bisa saja DVD player membaca kaset VCD tersebut tetapi durasi video dalam satu kaset VCD tersebut tidak mencapai 60 menit karena bila kita naikkan kualitas gambar Video CD otomatis ukuran filenya juga akan membengkak ! alhasil video tersebut hanya berdurasi kurang dari 60 menit dari pemakaian 700 MB.
Banyak orang yang memilih membuat kaset DVD daripada VCD karena ukuran frame DVD bisa mencapai 704 x 576 dengan  video bit rate: 8000 dengan durasi maksimal 2 jam dalam ukuran 4,7 GB dengan hasil gambar  yang  bagus

Selain  format video diatas saya akan menyarankan anda pada format video AVI terutama AVI mpeg4 (xvid) Mengapa xvid?
  1. Karena  Ukuran file video dalam bentuk AVI MPEG4 tidak terlalu besar dibandingkan dengan format yang digunakan MPEG1 pada VCD dan MPEG2 pada DVD.
  2. Tidak perlu lama memburning ke CD R/DVD R sehingga tidak memberatkan kerja computer anda 
  3. xvid / divx bisa terbaca di mesin DVD player yang banyak digunakan di masyarakat
  4. Gambar yang dihasilkan lebih baik walaupun dengan ukuran size file video yang kecil.
Sebagai contoh kita membuat  koleksi video pribadi dari HP,WEBCAM ataupun dari hasil download di youtube yang biasanya dalam bentuk 3gp, flv dan mp4 akan kita convert menggunakan software video converter. Video converter yang biasa saya gunakan adalah Any Video Converter (AVC) bisa anda cari di pencarian google ukuran file nya hanya 22MB.

  1. Hanya tinggal menyeret file video hasil download tadi ke AVC 
  2. Pilih AVI sebagai output videonya 
  3. Video codecnya pilih mpeg4/xvid, frame sizenya pilih original (pilihan ini dimaksudkan untuk tidak mengubah ukuran frame video aslinya)
  4. Video bitratenya pilih antara 64 bit sampai 12000 bit  (semakin tinggi bitrate yang anda pilih akan mempengaruhi size video menjadi semakin besar, dan semakin rendah bitrate yang anda pilih akan mempengaruhi kualitas gambar video anda menjadi berkurang nantinya .Saya menyarankan anda memilih 700/1024 bit)
  5. Pilih audio codec mp3 dengan audio bitrate 128 kbps dan sample ratenya 44100. 
  6. Selesai klik Convert.
Hasil kualitas gambarnya tidak akan jauh berbeda dengan file video hasil download sebelumnya juga dengan ukuran size yang tidak terlalu besar dibandingkan format video DAT pada VCD. 
Setelah itu burning ke CD R (700MB) dan lihat perbedaannya dengan kaset VCD biasa…
Gambar yang dihasilkan lebih baik dan bisa dibaca di DVD player walaupun dengan  memburning data biasa seperti foto dan data lainnya. Untuk diburning ke DVD R (4,7 GB) bisa mencapai sekitar 150 video klip dengan durasi video rata-rata 5 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar